GROUNDBREAKING RESTA PENDOPO 456

Groundbreaking RESTA Pendopo 456 (Jalan Tol Semarang-Solo)

Tab

25 Februari 2019, PT. Menara Astra, PT. Jasamarga Properti dan PT. Sarana Pembangunan Jawa Tengah (SPJT) bersama-sama akan membangun Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) dan Tempat Istirahat (TI) di KM 456A/B yang diawali dengan Peresmian Groundbreaking oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Bapak Dr. Ir. Sri Puryono Karto Soedarmo MP, mewakili Gubernur Jawa Tengah pada hari Senin, tanggal 25 Februari 2019. KM 456 adalah lokasi yang paling strategis terletak diantara tiga kota yaitu Semarang, Solo dan Yogyakarta, memiliki pemandangan yang indah, kuliner, buah segar dan tradisional tekstil sehingga memunculkan peluang baru di Rest Area KM456, Ruas Jalan Tol Semarang – Solo.

Pembangunan TI/TIP KM456A/B yang diberi nama Resta Pendopo 456 adalah langkah awal dari pembangunan TI/TIP disepanjang Ruas Jalan Tol Semarang – Solo yaitu KM 429B, 456A, 456B, 470B, 473A, 487B, 487B dan TI/TIP lainnya.

Tahap pertama pembangunan terdiri dari tempat kuliner tematik yang juga mengakomodir produk-produk unggulan daerah yang berasal dari UMKM setempat dan aktivitas outdoor yang akan dioperasikan pada tahun 2020. Dua sisi (A dan B) dengan masing masing area seluas 1,1Ha dan 2,2Ha akan dihubungkan oleh jembatan, akan dikembangkan pada tahun 2021. Untuk menunjang arus mudik dan balik di tahun 2019, Resta Pendopo 456 akan dapat beroperasi sesuai dengan standar pelayanan minimum. Hal ini merupakan strategis sinergi untuk mengembangkan potensi daerah antara BUMN, BUMD, dan Perusahaan Swasta. BUMN perlu fokus kepada pengelolaan bumi, air, dan kekayaan alam yang berkaitan dengan hajat hidup masyarakat. Sedangkan BUMD didorong untuk bersinergi dengan perusahaan swasta dalam negeri dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Selain itu, Perusahaan Swasta lebih diarahkan untuk memproduk barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat secara efisien.

Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia dan Renstra Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberi kesempatan bersaing kepada UMKM setempat. Diharapkan UMKM setempat nantinya dapat menyediakan produk-produk unggulan berkualitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung Resta Pendopo 456. Dengan melibatkan UMKM, diharapkan dapat mendorong perekonomian di Jawa Tengah khususnya di wilayah Salatiga, sekaligus ikut meningkatkan daya saing UMKM dan ikut mempromosikan produk-produk asli daerah.

Five Peaks