GERAKAN JUMAT BERSIH

Taman 1
Pleret 1

Gerakan Jumat Bersih sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Kongres Sampah Provinsi Jawa Tengah

Semarang, 11 Oktober 2019

Menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (PT SPJT) Group mengadakan kegiatan Gerakan Jumat Bersih sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Kongres Sampah tanggal 12-13 Oktober 2019 di Kesongo Culture sekitar Danau Rawapening.

Kegiatan Gerakan Jumat Bersih dilaksanakan pada tanggal 27 September 2019 di lingkungan kantor PT SPJT, tanggal 4 Oktober 2019 di lingkungan Banjir Kanal, dan tanggal 11 Oktober 2019 di lingkungan Taman Indonesia Kaya.

Pada kegiatan Kongres Sampah tanggal 13 Oktober 2019, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan bagaimana cara untuk mengatasi sampah, yaitu kita perlu mengubah cara berpikir tentang pengelolaan sampah. Jika kita bisa memilah sampah dari rumah maka merupakan prospek bagus untuk lingkungan. Dipilah dengan memisahkan mana sampah basah dan kering, sampah organik, anorganik dan B3. Setelah dipilah, kemudian langkah selanjutnya bagaimana cara kita mengangkut sampah tersebut. Permasalahan yang muncul biasanya pada saat diangkut sampah yang sudah dipilah kemudian dicampur lagi menjadi satu.

Kegiatan ini merupakan awal untuk menangani sampah dengan menggerakkan pemangku kepentingan, pemerhati lingkungan yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Aksi bersih sampah di lingkungan Propinsi Jawa Tengah (pra kongres) diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih.

Kegiatan Kongres Sampah dilakukan dalam upaya untuk menghimpun seluruh pikiran dan pengalaman untuk merumuskan kebijakan untuk daerah yang bersih sehat. Terdapat 137 bank sampah di seluruh Kabupaten Semarang sebagai bagian dari dukungan dalam mengolah sampah menjadi berkah bagi daerah yang mengelola sampah dengan baik.

Taman 2
Kantor 2
Pleret 3
Kantor 3