Penanaman 1.500 Mangrove

Solid, Profesional, Jujur, dan Terpercaya

Sarana Pembangunan Jawa Tengah bersama Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT) Universitas Diponegoro menyelenggarakan program penanaman hutan bakau atau mangrove di daerah pesisir Mangkang Wetan pada tanggal 2 Februari 2020. Program yang diberi nama Mangrove REpLaNT 2020 (MR 2020) bertema “Mangrove for Urban Regional Planning”. Program MR 2020 sejalan dengan semangat PT. SPJT turut serta menjaga lingkungan dan menumbuhkan kepedulian generasi muda terhadap pentingnya mangrove bagi lingkungan khususnya bagi penduduk pesisir.

Rangkaian kegiatan Mangrove REpLaNT (MR) 2020 dilakukan selama tiga hari dari 31 Januari 2020 sampai dengan 2 Februari 2020. Hari pertama dilaksanakan di Badan Pelatihan Koperasi dan UKM Jawa Tengah dengan kegiatan Selayang Pandang. Hari kedua dilaksanakan di Badan Pelatihan Koperasi dan UKM Jawa Tengah dengan rangkaian kegiatan Seminar Nasional, Talk Show & FGD, Pelatihan Rehabilitasi Mangrove, Pelatihan & Praktik Pembuatan Batik Mangrove dan Pelatihan Tematik Pemetaan Mangrove. Hari ketiga dilaksanakan di Semarang Mangrove Center (SMC) Jawa Tengah, Desa Mangunharjo, Mangkang Wetan, Semarang dengan kegiatan Bersih Pantai, Penanaman 1.500 bibit tanaman Mangrove dan Penyulaman dilanjutkan Field Trip diikuti oleh peserta dan panitia MR 2020 serta masyarakat sekitar di Lawang Sewu, Semarang.

Kegiatan MR 2020 dihadiri oleh Yayasan Inspirasi Keluarga KeSEMaT (IKAMaT), Keluarga Alumni KeSEMaT (KeAMaT), komunitas relawan mangrove (KeMANGTEER), perusahaan mangrove (KeMANGI), Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah, Dinas PU Pemerintah Kota Semarang, Yayasan Alumni Undip, dan Biznet.