Unit Usaha E-Commerce Berbatiklurik


Project Description
  • 1
  • February 28, 2017

Jawa Tengah merupakan sentra produksi Batik dan Lurik, daerah yang terkenal sebagai produsen batik yaitu Solo, Pekalongan, Lasem, dan sebagainya serta produsen tenun yaitu Jepara (troso), padahal hampir di setiap Kabupaten/ Kota sebenarnya memiliki produk batik dengan ciri khas corak dan motif tersendiri. Hal itu yang menjadikan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkomitmen mendorong perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di seluruh Kabupaten/Kota guna mendukung perkembangan usaha batik dan lurik Jawa Tengah, pertumbuhan ekonomi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seiring meningkatnya infrastruktur teknologi Informasi, saat ini tren perdagangan yang biasanya dilakukan secara offline berubah menjadi online.

PT. Sarana Pembangunan Jawa Tengah melihat potensi yang besar di bisnis online sehingga membentuk unit usaha yang bergerak dibidang E-Commerce dengan nama dagang “Berbatiklurik” tagline “The Beauty of Central Java”.

Diresmikan pada tanggal 28 Februari 2017, Berbatiklurik menyediakan produk batik dan lurik beserta produk turunannya. Website berbatiklurik dapat diakses di alamat www.berbatiklurik.com sedangkan marketplace maupun media sosial dengan ID berbatiklurik.

Kelahiran berbatiklurik didasari semangat untuk mendukung dan meningkatkan pengrajin batik dan lurik di wilayah Jawa Tengah dengan membantu memasarkan produk pengrajin secara online, sehingga diharapkan berbatiklurik bisa menjadi penggerak kemajuan UMKM khususnya batik dan lurik di Jawa Tengah.

“UMKM menjadi salah satu pilar ekonomi rakyat yang berperan penting dalam menyediakan lapangan kerja dan menurunkan jumlah pengangguran,” kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.(Antara Jateng, 28 April 2016)

Pada kesempatan lain, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga telah meminta masyarakat di wilayahnya untuk terus melestarikan dan mengenalkan batik (Jawa Tengah) karena sudah menjadi warisan dunia. (Kompas.com – Oktober 2016)

Produk pengrajin yang dipasarkan telah melalui seleksi tim quality control berbatiklurik, khususnya untuk produk batik, yang disesuaikan dengan standar kurator batik, sehingga keaslian batik yang dijual terjamin bahwa batik dibuat dengan teknik batik dan bukan printing atau sablon.

Batik yang dipasarkan berbatiklurik adalah batik cap, kombinasi cap dan tulis dengan bahan katun prima, primissima, sutra sedangkan lurik adalah produk Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) berbahan misris dan sutra.

Dalam rangka mengenalkan kegiatan usaha dan menjangkau pasar yang lebih luas, berbatiklurik mempunyai strategi pemasaran online dan offline, antara lain:

  • Online
    • Website berbatiklurik.com
    • Aplikasi mobile (android dan IOS)
    • Marketplace (Tokopedia dan Bukalapak)
    • Media sosial (instagram, facebook, twitter)
  • Offline
    • Showroom
    • Pameran
    • Iklan (leaflet, xbanner, koran, baliho)